25 Agustus 2008

Java Education Network Indonesia (JENI)

VISI:
Menjadi pusat keunggulan (centre of excellence) pendidikan aplikatif dan pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi pada tingkat nasional dan internasional berbasis komitmen atas moral dan etika serta didukung oleh pengembangan sumberdaya yang berkelanjutan.

MISI:
Menghasilkan sumber daya manusia yang memiliki keunggulan ilmu pengetahuan, teknologi, dan keterampilan melalui pelatihan dan riset yang berkualitas tinggi, sehingga mampu bersaing dengan kompetitor secara nasional dan internasional. Mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi pemrograman, khususnya JAVA, melalui riset berkualitas tinggi berbasis komitmen atas dasar etika serta didukung oleh pengembangan sumber daya yang berkelanjutan serta menyeluruh. Memberikan layanan kepada seluruh elemen masyarakat Indonesia melalui pendidikan, penelitian dan pengabdian.

KURIKULUM:
Kurikulum Java dalam JENI dibagi menjadi 6 level sesuai dengan diagram diatas. JENI 1 atau pemograman berorientasi obyek (PBO) adalah sebuah level dasar pemgraman Java yang wajib diikuti oleh setiap pembelajar JENI. Setelah melalui level ini, ada tiga pilihan level yang bisa ditempuh: JENI 2 bagi Anda yang ingin mempelajari bagaimana membuat aplikasi Java bagi perangkat mobile, JENI 3 untuk mempelajari bagaimana membangun sebuah aplikasi web dengan Java, JENI6 bagi Anda yang ingin belajar bagaimana membuat game desktop yang dapat Anda gunakan sebagai salah satu modul pembelajaran. Sedangkan JENI 4 dan JENI 5 merupakan sebuah level lanjutan yang hanya bisa diambil bagi Anda yang telah lulus dari JENI 2 bagi JENI 4, dan JENI 3 untuk pemrograman framework di JENI 5. Sedangkan, JENI 7 yang menjadi top level dari JENI merupakan repository aplikasi integrasi Java dengan teknologi yang lain.

Kurikulum JENI 1 sampai dengan 3 diadopsi dari JEDI (http://jedi.dev.java.net) sebagai salah satu modul pembelajaran Java open source berstandard international yang merupakan proyek kerjasama antara Sun Microsystem dan Universitas Philipina. Sedangkan, JENI 4 dan JENI 6 sama-sama mengusung teknologi Game yang akan dibangun di perangkat berbeda, akan tetapi dapat menghasilkan produk yang sama yaitu sebuah permainan yang bersifat edukasi. Jika JENI 4 dan JENI 6 dapat menjadi produk front end, maka dengan JENI 5 Anda dapat mengembangkan engine dari game yang berbasis web. Tidak hanya itu, JENI 5 sangat berguna sekali bagi para pengembang aplikasi e-government maupun e-business karena akan dibahas mengenai bermacam framework open source yang mudah untuk dibangun dan juga diintegrasikan.

Website Relevan:
STMIK - IKMI Cirebon for Java Education Network Indonesia


3 komentar:

Anonim mengatakan...

Wah postingn begini harus baca lebih dari sekali ini...walaupun guru..ngga mudeng-mudeng..maklum bukan guru di seklah formal...

Sukses Kang

Kristina Dian Safitry mengatakan...

akhirnya tahu juga saya. meski saya masih rada binun. jeni oh jeni..

Anonim mengatakan...

nampaknya Aki harus belajar lagi tentang makna artikel ini ! salm ....

Original Design by Dzelque

Re Design by Asep Saepudin | Original Design by Dzelque