08 Juli 2008

BANGKIT-kan Konten Pembelajaran

Bangkit itu malu...
malu... tertinggal
malu... jika tidak segara memanfaatkan teknologi


Sudah bukan mustahil apabila masih banyak pendidik yang tertinggal oleh siswanya secara teknologi, khususnya teknologi informasi. Dewasa ini, perkembangan teknologi informasi telah menjadi "mainan wajib" bagi siswa-siswi di SMA/SMK, SMP, SD bahkan TK. Sementara itu, masih terlalu banyak kalangan pendidik - guru - yang masih malas mengikuti perkembangan teknologi. Pada akhirnya, konten pendidikan berbasis teknologi informasi akan semakin sulit untuk di kembangkan di sekolah. Jadi kapan Indonesia mau BANGKIT? jika tidak di aplikasikan, jadi kapan Indonesia mau BISA?

Padahal, berbagai kemudahan sudah semakin tersebar di berbagai situs-situs yang mendukung dunia pendidikan. Mereka semakin memanjakan dunia pendidikan dengan berbagai aplikasi instan. Sebut saja www.ilmukomputer.com, www.jogjabelajar.com yang menyediakan banyak soal-soal (bank soal). Belum lagi penyedia aplikasi untuk melengkapi konten pendidikan itu sendiri, seperti: www.questionwriter.com dan banyak lagi.

Sebagian pendidik yang sudah malu tertinggal dan malu jika tidak segara memanfaatkan teknologi hanyalah guru yang langsung terlibat dengan teknologi informasi itu sendiri. Mereka sudah mulai mencoba membiasakan siswanya dengan teknologi informasi, sebut saja teman-teman saya seperti Kang Awan Sundiawan, Kang Oya Suryana, Kang Rudy Hermawan dan Kang Atik Dharma Yosaniar. Seperti yang teman-teman telah lakukan, saya juga gencar mengajak siswa, mahasiswa, dan guru untuk mulai membangun kebiasaan berteknologi. Semisal dengan mengajak mereka aktif di milis-milis yang saya kelola:

Sayangnya, perjalanan milis-milis tersebut tidak didukung semangat mereka yang bertahan. Makin lama malah semakin kendur. Jadi, kapan Indonesia BANGKIT? dan kapan Indonesia mau BISA?


4 komentar:

katakataku mengatakan...

Indonesia Bangkit, Indonesia Bisa, ketika kita semua bisa Menghargai Matahari

PASTI BISA,
Pertamina bilang: PASTI PAS

Anonim mengatakan...

Ya kita bisa... Tapi bisa kalo ada fasilitas :D

Anonim mengatakan...

Kang Asep, kalau Aki boleh ikutan nyumbang untuk pembelajaran siswa2 nya di bidang Geography, bisa diarahkan ke Blog nya Aki saja. Hari ini Aki dapet bendera dari Kazakhstan ! Salam ...

Mustaqim Sirathal mengatakan...

Bangkit itu malu, malu korupsi dan malu makan hak orang lain.

Original Design by Dzelque

Re Design by Asep Saepudin | Original Design by Dzelque