15 Agustus 2008

Satu Langkah = $$$

"Suatu perjalanan yang bermil-mil jauhnya dimulai dengan hanya satu langkah". Demikian Lao Chai, seorang filsuf China mengatakan. Saya sangat tertarik dengan isi pesan dari apa yang disampaikan Lao Chai.

Bisa kita bayangkan, bagaimana sebuah perjalanan akan dapat kita tuju, apabila satu langkah pertama tidak pernah kita ayunkan. Sebesar apapun impian manusia, satu langkah dapat merubah segalanya. Bisa menggapai apa yang di impikan, ataukah hanya menjadi mimpi belaka. Seringkali saya menyampaikan pesan ini kepada setiap siswa yang saya hadapi, atau seorang teman yang tengah dekat dengan saya. Oh ternyata, sahabat yang jauh pun kini dapat saling bicara. Bukukan impian kalian - begitu yang saya sampaikan di depan kelas - dan segera ayunkan langkah pertama untuk impian yang tervisualkan itu.

Kenapa harus dibukukan? ya benar, impian harusnya di bukukan, dream book. Agar impian kita tidak dicuri orang, maka bentuk visualisasi impian akan ikut membantu menapaki perjalanan menuju impian itu tanpa membuang waktu, biaya dan harapan. Ibarat menuju sebuah perjalanan baru ke daerah asing, petunjuk perjalanan atau peta akan sangat menuntun kita kemana kita mengayunkan langkah.

Ide menulis artikel ini dari tayangan televisi, acara "Pemilihan Putri Indonesia" dua puluh menit sebelum tulisan ini saya publish. Ide itu muncul ketika panelis menyakan kejelasan tentang pendapat filsuf China Lao Chai tadi.


4 komentar:

katakataku mengatakan...

Bisa jadi sebuah Weblog adalah sebuah DreamBook dari si pengelolanya :D

Anonim mengatakan...

Langkah pertama menjadi kunci penentu untuk langkah selanjutnya, maka jangan sampai salah langkah

Anonim mengatakan...

Tapi terkadang banyak yang "ragu-ragu" untuk melangkahkan kaki yang pertama tersebut karena "takut gagal" ! Nah, barangkali perlu ditambahkan "percaya diri" untuk melangkahkan kaki yang pertama, soal berhasil atau tidak langkah itu "Kumaha Engke" karena keberhasilan atau kegagalan adalah konsekwensi dalam melangkah yang akan dialami oleh semua orang.

Anonim mengatakan...

Ditambahkan disini ya Qie. Percaya diri itu salah satu yang juga sangat penting. Dan yang lebih penting lagi bahwa keberhasilan tidak dapat dicapai tanpa melalui proses. Untuk itu yakinilah, bahwa untuk masuk ke pintu keberhasilan - sukses - kita perlu membawa banyak tiket kegagalan. Karena di pintu sukses ternyata dijaga oleh seorang penjaga yang meminta kita banyak tiket kegagalan untuk memasukinya.

Original Design by Dzelque

Re Design by Asep Saepudin | Original Design by Dzelque